Jurnal Refleksi Eksplorasi 2021

 Pertemuan perdana Eksplorasi online yang kemarin cukup seru, baru kali ini saya main game yang seperti itu. 


Walaupun pada akhirnya saya menikmati kegiatannya, jujur saja pada awalnya saya tidak terlalu yakin saya akan menyukai game ini. Ada banyak hal yang saya ingin lakukan, dan menelepon orang yang tidak saya kenal bukanlah salah satunya. Tapi setelah menerima beberapa panggilan dari pemain lainnya, justru yang membuat gamenya seru adalah acara voice call ini. 

Reaksi pemain-pemain lain ketika tahu bahwa saya juga terkena “virus 0” sangat lucu. Ada yang sudah menebak angka saya dengan benar lalu langsung pergi. Dan ada juga yang bahkan sampai menghela nafas karena ternyata kita berdua memiliki angka yang sama, yaitu 0.


Setelah gamenya berakhir, ternyata pemain yang mendapat angka 0 di awal permainan tidak banyak, lantas mengapa setelah beberapa ronde saya menerima lebih dari 10 panggilan dari pemain yang memiliki angka 0? Jawaban untuk pertanyaan itu adalah kontak antara pemain. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang bertemu dengan pemain yang memegang angka 0, dan karena semua angka dikalikan dengan 0 tetap menjadi 0, pemain yang membawa angka itu pun bertambah. Seharusnya hal ini bisa dihindari dengan mengurangi kontak dengan pemain lainnya.

 

Setelah melakukan sedikit observasi saya menyadari bahwa situasi dalam game ini sama dengan situasi dalam kehidupan nyata. 0 = Covid 19, voice call = kontak fisik, jumlah akhir pemain yang memegang angka 0 = orang yang terinfeksi. Mungkin inti game ini adalah sesuatu yang mempunyai jumlah yang sedikit bisa bertambah dengan cepat- atau sebaliknya -seiring berjalannya waktu. Dan hal itu biasanya tergantung seberapa banyak seseorang melakukan kontak dengan orang lain dan menularkannya.


Mungkin orang-orang yang biasanya sering bertemu dengan teman atau kerabat di masa pandemi ini bisa mengambil pelajaran bahwa membatasi kontak fisik itu penting.




No comments